PEMANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Teknologi informasi sangat mempengaruhi kehidupan di era globalisasi sekarang ini. Telah banyak pemanfaatan dari teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Bidang pendidikan

  1. E-learning

E-learning adalah metode belajar jarak jauh antara murid dengan gurunya yang dapat berkomunikasi dengan diskusi online melalui internet. Murid dan guru hanya perlu melangsungkan proses pembelajaran melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus bertatap muka secara langsung.

  1. Perpustakaan online

Perpustakaan online adalah fasilitas perpustakaan dalam bentuk digital yang memudahkan pengguna dalam mengakses informasi yang ada disebuah buku tanpa harus pergi keperpustakaan dan tidak ada batas waktu serta tempat.

  1. Akses informasi akademik secara online

Suatu lembaga atau instansi biasanya mempunyai situs masing-masing yang memudahkan pengguna untuk mengakses informasi akademik seperti informasi tentang penerimaan peserta didik baru.

  1. Sarana belajar interaktif

Penggunaan sarana penunjang belajar di dunia pendidikan memungkinkan proses belajar mengajar lebih menarik dan menyenangkan. Salah satu contohnya adalah penggunakaan LCD Proyektor dan CD-ROM Multimedia. Kreatifitas akan muncul ketika sarana belajar interaktif ini digunakan.

  1. Penelitian

Proses dalam pencarian data dan pengolahannya akan lebih cepat dan efektif dengan adanya teknologi informasi yang mendukung.

  1. Bidang kesehatan

  1. Kedokteran

Pengobatan jarak jauh

Sekarang ini sudah ada sebuah aplikasi yang memungkinkan komunikasi antara dokter dengan pasiennya. Seorang dokter akan tahu keluhan apa yang diderita serta diagnosis yang tepat sehingga dapat memberitahu tindakan selanjutnya yang harus dilakukan pasien. Selain itu, pasien juga dapat mengukur kesehatannya melalui aplikasi ini.

  1. Pengobatan

Dengan adanya teknologi informasi para ilmuan dapat membuat vaksin yang mengobati penyakit mematikan serta mencegah penyebarannya. Selain itu, sudah banyak alat medis canggih dan sistem komputer seperti Computerized Axial Tomography (CAT), Ultra Sonography (USG) yang digunakan untuk menunjang pengobatan pasien.

  1. Administrasi

Rumah sakit telah menerapkan teknologi informasi dalam dunia administrasi untuk menyimpan dan mengelola data-data pasien maupun yang lainnya.

  1. Rekam medis

Dahulu rekam medis masih berupa kertas, akan tetapi sekarang telah diubah menjadi elketronik agar lebih mudah, efektif, dan efisien. Selain itu, Rekam Medis Elektronik (RKE) lebih aman karena tidak dikawatirkan hilang, basah, maupun robek.

  1. Bidang ekonomi

E-commerce

E-commerce atau perdagangan elektronik adalah layanan jual beli barang maupun jasa yang ditawarkan melalui internet. Kita tidak harus pergi ke suatu toko untuk membeli sebuah barang. Internet memungkinkan pihak yang terlibat transaksi tidak harus bertemu langsung. Pembayaran bisa melalui ATM maupun dengan kartu credit yang dilanjutkan dengan pengiriman yang cepat walaupun dari wilayah yang letaknya lumayan jauh.

  1. Bidang perbankan

Internet banking

Internet banking atau perbankan elektronik adalah kegiatan yang melakukan transaksi, pembayaran melalui website milik bank yang dilengkapi dengan sistem keamanan.

  1. Bidang pertanian

Penyebaran informasi kepada petani-petani telah dilakukan menggunakan internet seperti mengenai lahan, hama, dan bibit. Informasi ini terdapat dalam sebuah situs milik departemen pertanian.

  1. Bidang politik

Teknologi informasi digunakan dalam proses demokrasi yaitu melalui pemilihan umum. Perhitungan suara, kampaye, hingga pendaftaran calon legislatif bisa kita lihat langsung melalui internet.

  1. Bidang pemerintahan

E-government

E-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk melayani masyarakat maupun pihak-pihak lainnya. Misalnya pembayaran pajak yang tidak harus dilakukan dengan datang langsung di kantor pembayaran pajak terdekat melainkan secara online.

  1. Bidang kebudayaan

Teknologi informasi digunakan untuk mempromosikan kebudayaan yang dimiliki negara kita ke dunia internasional sehingga akan lebih dikenal dan mendapat keuntungan dari beberapa sektor kebudayaan.

  1. Bidang industri

Kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan banyak perusahaan menerapkan teknologi informasi seperti penggunaan aplikasi bernama Enterprice Resource Planning (ERP) yaitu perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan yang bersangkutan.

  1. Bidang transportasi

Salah satu penerapan teknologi informasi dalam bidang transportasi adalah adanya ojek online yang sedang berkembang di Indonesia baru-baru ini. Penumpang sekarang tidak harus pergi ke pangkalan melainkan dapat memesan ojek melalui aplikasi. Selain ojek juga terdapat taksi dan mobil yang bisa digunakan saat penumpang lebih dari satu orang.

Sumber :

http://sumberbelik.blogspot.co.id/2013/03/peranan-teknologi-dalam-berbagai-bidang.html (diakses tanggal 11 Februari 2018)

http://gandungsetya.blogspot.co.id/2014/12/peranan-teknologi-informasi-dan.html (diakses tanggal 11 Februari 2018)

http://www.kangmuizz.com/2016/12/peranan-teknologi-informasi-dan.html (diakses tanggal 11 Februari 2018)

http://saptarigeg.blogspot.co.id/2010/09/peranan-teknologi-informasi-dan.html (diakses tanggal 11 Februari 2018)

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*