DIGITAL STORAGE

A. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI CLOUD STORAGE

Cloud Storage adalah layanan penyimpanan file di internet yang mana file yang disimpan disitu dapat dikelola dari mana saja selama penggunanya terhubung ke cloud storage melalui internet. Pada dasarnya layanan penyimpanan cloud tentunya memberikan kemudahan kepada penggunanya dalam hal penyimpanan data-data yang penting secara praktis. Dengan kemudahan yang diberikan tersebut cloud storage juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan diantaranya :

  1. Kelebihan
  • Sisi Skalabilitas

Maksudnya adalah penggunaan Cloud Storage dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna itu sendiri. Dengan penambahan perangkat keras, sebuah penyedia layanan Cloud Storage bisa meningkatkan daya tampung datanya. Dan bagi para pengguna tentunya menjadi pilihan yang lebih baik dan efektif dengan menyesuaikan kapasitas Cloud Storage yang diperlukan.

Dapat memilih kapasitas sesuai kebutuhan

Besar kapasitas penyimpanan yang ditawarkan penyedia layanan satu dengan yang lain berbeda-beda dari hanya beberapa Gigabyte hingga Unlimited atau tak terbatas. Biasanya juga ditawarkan dalam beberapa paket sesuai dengan besar kapasitas dan kemudahan upgrade atau penambahan ruang penyimpanan. Pengguna dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga tidak terjadi kelebihan kapasitas atau kekurangan kapasitas.

  • Sisi aksesibiltas

Maksudnya adalah kemudahan ketika anda ingin menggunakan layanan tersebut. Dengan adanya teknologi Cloud Storage Anda bisa dengan mudah mengunduh, membuka atau melakukan editing terhadap data yang telah tersimpan kapanpun dan dimanapun selama perangkat anda masih terkoneksi internet. Hal ini menjadi opsi yang sangat penting bagi para pengguna layanan Cloud Storage terutama bagi perusahaan yang membutuhkan bisa mengakses data yang diperlukan dengan lebih mudah dan cepat.

– Bisa diakses dimana saja

Dengan menggunakan cloud storage kita tidak perlu membawa hard disk maupun flash disk lagi kemanapun karena semua data yang akan kita gunakan sudah tersimpan di server. Ketika kita membutuhkannya tinggal membuka dan mengunduhnya saja kapanpun  dan dimanapun yang terhubung dengan jaringan internet.

Bisa diakses melalui perangkat apapun

Keunggulan lainnya bila kita menggunakan media penyimpanan berbasis cloud adalah, kita bisa mengakses data-datanya melalui perangkat apa saja. Meskipun itu dari smartphone ataupun komputer, kita tetap bisa mengakses file-file tersebut, selama kita terhubung dengan internet.

– Dapat diedit secara online

Penyedia layanan media penyimpanan online yang kredibel biasanya menyediakan fasilitas editing data secara online cukup dengan bermodalkan browser saja. Google Drive misalnya sudah terintegrasi dengan Google Docs untuk keperluan editing dokumen. File data yang dapat diedit secara online biasanya file dokumen office dan file multimedia.

– Mudah untuk dipublish secara umum

Online Storage biasanya juga menyediakan fitur untuk berbagi atau share. Dengan fitur ini, pengguna dapat membagikan file atau data yang disimpan pada media penyimpanan online kepada pengguna lain atau bahkan diakses pengguna secara umum yang tidak terdaftar pada penyedia layanan.

  • File tidak mudah rusak

Bila kita menyimpan data pada layanan cloud storage, bisa dipastikan data yang tersimpan tidak akan rusak. Kualitas serta keadaan file tersebut akan tetap sama seperti waktu pertama kali kita mengunggahnya. Kelebihan layanan cloud ini memang tidak dimiliki oleh media penyimpanan fisik, dimana file bisa saja terhapus atau terinveksi virus.

  • Media penyimpanan tidak mudah rusak

Media penyimpanan tidak mudah rusak karena tidak berupa benda fisik. Penyedia pelayanan akan menjaga server dengan baik untuk meminimalisir terjadinya kerusakan perangkat. Ketika terjadi kerusakan pada perangkat, maka mereka sudah secara otomatis menyiapkan back-up data yang disimpan di dalam server tersebut.

  • Tidak memenuhi media penyimpanan fisik yang dimilik

Ketika kita menggunakan cloud storage tentunya akan jauh lebih mengemat tempat daripada media penyimpanan tambahan lain seperti hard disk atau flash disk karena  akan tersimpan pada database dalam bentuk digital sehingga tidak akan memenuhi memori penyimpanan di dalam pc maupun hp.

  • Keamanan privasi

Privasi kita juga lebih terjaga karena hanya kita sendiri yang dapat mengakses maupun mengelolahnya, beda dengan media penyimpanan seperti flashdisk yang bisa di pinjam orang lain dan otomatis pengguna lain dapat melihat isi file kita. Sedangkan Cloud Storage untuk mengakses di perlukan login ke akun terlebih dahulu menggunakan Username dan Password.

  • Dapat difungsikan sebagai penyimpanan utama maupun backup

Penyimpanan secara online sekarang banyak yang difungsikan sebagai penyimpanan utama, bukan hanya sekedar untuk backup saja. Pengguna dapat dengan mudah langsung mengupload ke Online Storage. Kapasitas yang ditawarkan juga cukup luang, sangat cocok untuk menyimpan file-file pekerjaan ataupun tugas.

  • Harga lebih murah

Harga yang ditawarkan media penyimpanan online jauh lebih murah dibandingkan jika membeli media penyimpanan fisik. Beberapa penyedia bahkan menyediakan penyimpanan dengan kapasitas Unlimited untuk user premiumnya dengan harga yang terjangkau. Beberapa provider Cloud Storage juga memberikan beberapa Gigabyte secara cuma-cuma yang dapat dimanfaatkan tanpe perlu membayar apapun.

  • Dapat menghemaat waktu pada perusahaan sehingga dapat langsung memfokuskan pada perkembangan infrastruktur.
  • Dapat dengan mudah diawasi dari satu server.
  • Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana.
  • Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun.
  • Kolaborasi yang terpercaya.

 

  1. Kekurangan
  • Membutuhkan akses internet

Ketika kita akan mengakses data-data yang akan digunakan kita harus terhubung dengan jaringan internet untuk dapat mengakses cloud storage, jika tidak maka aplikasi ini tidak dapat diakses. Untuk dapat mengunggah maupun menyimpan file dengan cepat juga sangat dibutukan koneksi internet yang stabil.

  • Untuk file berukuran besar, dibutuhkan kecepatan internet yang tinggi

Apabila kita akan menyimpan data yang memiliki ukuran yang besar tentu akan menjadi masalah jika internet tidak dalam kondisi stabil. Koneksi internet harus dalam kondisi stabil dan cepat unmtuk dapat mengakses file secara cepat, jika tidak maka akan sangat membutuhkan waktu yang cukup lama.

  • Sulit diakses ketika server sedang mengalami traffic yang tinggi atau down

Ketika server mengalami down, maka data yang telah disimpan dalam cloud server pun akan menjad sulit untuk diakses. Dan biasanya, proses perbaikan (maintenance) atau pemulihan dari cloud server yang mengalami down ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dan tidak dapat ditentukan secara pasti.

  • Rentan terhadap peretasan

Cloud storage juga memiliki kelemahan yaitu rentan terhadap peretasan dan pembobolan terhadap layanan tersebut. File-file ataupun data yang telah kita simpan di dalam cloud storage bisa saja dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Terikat dengan ketentuan penyedia layanan

Kekurangan layanan cloud lainnya yakni, pengguna harus mengikuti ketentuan yang sudah dibuat oleh penyedia jasa. Jadi kita tidak bisa sembarangan menyimpan data ke dalam media penyimpanan cloud. Karena bila kita tidak mengikuti ketentuan penyedia layanan, bisa saja mereka menghentikan layanan cloudnya untuk kita.

  • Semakin banyak pengguna yang mengakses storage server akan semakin lamban respon server kepada komputer anda karena permintaan yang banyak.
  • Kurangnya backup data dari satu server akan berakibat fatal.

B.  CONTOH LAYANAN CLOUD STORAGE

·       GOOGLE DRIVE

Google Drive adalah seperti yang tersebut dinamanya, ini merupakan layanan Cloud Storage yang dimiliki oleh sang raksasa mesin pencarian Google. Google drive menyediakan 15 GB penyimpanan gratis yang dibagi dengan berbagai layanan milik google lainnya seperti Gmail, Google Plus dll yang bersama dengan Google Drive. Google Drive memungkinkan Anda menyimpan, berbagi dan mengedit file Anda dengan mudah dari berbagai perangkat. Anda juga dapat berkolaborasi dengan orang lain untuk mengakses dan bekerja dengan file seperti dokument, spreadsheet dan presentasi. Selain itu juga banyak fitur yang bisa Anda dapatkan dengan google drive dengan memanfaatkan fungsi pada aplikasi web yang lain. Dan google drive juga dapat Anda miliki dengan mudah selama Anda mempunyai akun email milik google yaitu Gmail.

·       DROPBOX

Tidak perlu diragukan lagi bahwa Dropbox adalah layanan penyimpanan awan atau cloud storage terbaik di dunia saat ini, dengan layanan ini Anda dapat menyimpan semua file Anda dan sangat mudah untuk diakses maupun dibagikan ke orang lain. Dropbox sangat mudah digunakan dan tersedia di hampir semua platform dan perangkat. Dropbox akan memberikan Anda ruang penyimpanan awan sebesar 2 GB gratis untuk setiap pengguna dan Anda juga bisa mendapatkan ruang penyimpanan tambahan yang lebih besar lagi sampai 16 GB gratis jika Anda berhasil mengajak teman Anda untuk juga menggunakan layanan cloud storage milik dropbox ini.

·       ONEDRIVE

Microsoft yang sebelumnya mempunyai layanan cloud storage bernama SkyDrive sekarang memperbaharui layanan penyimpanan awan mereka dengan berbagai macam fitur dan kelebihan lain dengan nama Onedrive. Microsoft juga tidak mau kalah dengan layanan cloud storage lain dalam upaya untuk mendapatkan ratusan juta pelanggan untuk menggunakan Onedrive dengan memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar  7 GB sampai 15 GB untuk penggunanya. Seperti halnya Dropbox, microsoft juga akan memberikan Anda tambahan ruang penyimpanan sebesar 5 GB jika Anda berhasil mengajak teman Anda atau siapa saja untuk juga menggunakan OneDrive dan juga 3 GB lebih untuk memungkinkan Anda mem-backup foto.

·       BOX

Box adalah layanan cloud storage yang lebih populer dikalangan bisnis dan perusahaan, berbeda dengan dropbox yang lebih populer dikalangan individu. Box memberikan Anda 10 GB penyimpanan gratis untuk penggunaan pribadi. Dengan account pribadi Anda hanya dapat meng-upload file yang lebih kecil karena dibatasi 250 MB saja ke media cloud storage box. Anda juga dapat mengakses file Anda dengan menggunakan berbagai macam perangkat dan platform dengan berbagai sistem operasi.

·       MEGA

Mega mungkin seperti sebuah nama layanan yang tidak asing buat Anda. Ya benar Mega adalah layanan yang berasal dari file hosting megaupload.com yang merupakan layanan file download upload yang pernah sangat populer. Setelah megaupload.com ditutup, sekarang perusahaan tersebut meluncurkan Mega sebagai layanan penyimpanan berbasis awan atau cloud storage. Mega memberikan Anda ruang penyimpanan gratis sampai 50 GB, ini tentu merupakan ruang penyimpanan yang cukup besar bisa Anda gunakan.

·       ADRIVE

 

ADrive adalah layanan cloud storage yang juga memberikan ruang penyimpanan yang besar seperti yang Mega berikan, Adrive memberikan 50 GB penyimpanan awan gratis dengan rekening pribadi. Tapi ada kelemahan menggunakan layanan ini yaitu Anda dengan akun gratis akan kehilangan fitur terbaik dari ADrive seperti upload file yang mencapai 16 GB dan juga harus rela terganggu dengan iklan di aplikasi ADrive pada Android dan iOS.

·       BITCASA

Bitcasa adalah layanan cloud storage terbaik lainnya yang bisa Anda coba, layanan penyimpanan awan milik Bitcasa ini sangat mengutamakan keamanan data Anda yang meletakkan penekanan pada privasi data Anda. Semua data yang Anda simpan di cloud storage Bitcasa akan terlebih dahulu dienkripsi sebelum di upload dan hanya Anda yang dapat melihatnya. Bitcasa ini memberikan ruang penyimpanan awan gratis sebesar 25 GB dan Anda dapat mengakses data Anda dari 3 perangkat yang berbeda dengan berbagai platform.

·       SPIDEROAK

SpiderOak adalah layanan cloud storage yang juga lebih menekankan pada privasi data Anda, sehingga mereka menjamin akan keamanan data Anda yang tersimpan pada layanan cloud storage miliknya. SpiderOak hanya memberikan sedikit ruang penyimpanan awan mereka yang hanya sebesar 2 GB secara gratis, tapi Anda masih dapat meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan awan Anda sampai 10 GB dengan mengajak teman-teman Anda untuk menggunakan SpiderOak (Anda mendapatkan 1 GB untuk setiap teman Anda yang Anda ajak mau menggunakan layanan SpiderOak).

·       TENCENT WEIYUN

Tencent adalah layanan cloud storage terbaik lainnya yang di dirikan oleh perusahaan internet Cina, Layanan Tencent ini memberikan ruang penyimpanan sangat besar yaitu 10 TB secara gratis untuk setiap pengguna baru. Tentu saja ini merupakan ruang penyimpanan berbasis awan yang sangat besar dan bisa Anda gunakan secara gratis. Namun meskipun 10 TB adalah ruang yang besar, hal ini masih ada yang akan memberikan ruang penyimpanan jauh lebih besar lagi yang juga diberikan oleh layanan cloud storage dari cina. Silahkan lihat perusahaan dibawah ini.

·       QIHOO 360 YUNPAN

Qihoo 360 adalah sebuah perusahaan keamanan internet terkenal China yang menawarkan banyak ruang penyimpanan cloud secara gratis. The Qihoo 360 Hard Cloud menawarkan ruang cloud storage sebesar 36 TB (36.864 GB!) gratis. Namun dengan ruang penyimpanan berbasis awan yang besar dan diberikan secara gratis hanya bisa Anda dapatkan dari layanan yang berasal dari cina, ini tentu saja bisa menjadi tanya besar kenapa mereka sangat berani memberikan ruang sebesar itu. Tentu saya menyarankan bagi Anda untuk menggunakan layanan cloud storage yang memberikan ruang penyimpanan gratis yang wajar agar data Anda tetap aman dan privasi Anda tetap terjaga.

 

2. A. ACCESS TIME

Waktu yang dibutuhkan untuk dapat mengakses data yang diperlukan dari keadaan idle atau diam hingga mendapatkan data tersebut, dari memori atau ke memori. Access time juga istilah yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses pada media penyimpanan maupun memori. Access time pada hard disk dan CD-ROM diukur menggunakan satuan milidetik, sedangkan pada memori menggunakan satuan manodetik.Makin kecila angka access time  menunjukkan kecepatan yang lebih tinggi.

EAT = (1-p) x ma + p x waktu kesalahan halaman

B.  TRANSFER RATE

Transfer rate adalah kecepatan data agar dapat ditransfer ke unit memori atau ditransfer dari unit memori. Pada RAM, transfer rate = 1/(waktu siklus). Bagi non RAM terdapat hubungan.

TN = TA + N / R

TN = Waktu rata-rata untuk membaca atau menulis N bit.

TA = Waktus access rata-rata.

N  = Jumlah bit.

R  = Kec. transfer, dalam bit per detik (bps).

 

 

Sumber :

Kelebihan Menggunakan Media Penyimpanan Online (Online/Cloud Storage)

 

http://ioteknologi.blogspot.co.id/2014/09/kelebihan-kekurangan-cloud-storage.html

 

10 Layanan Cloud Storage Terbaik dan Gratis

 

http://iwanprasetyo88.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-seek-time-rotational.html

https://www.bibliotika.com/2015/11/apa-yang-disebut-access-time.html

http://www.klikartikel.com/2015/03/memory-komputer.html

 

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*