MICROSOFT ACCESS

DATABASE PERPUSTAKAAN

1.      Entitas

Entitas (entity/ entity set), memiliki banyak istilah di dalam ilmu komputer, seperti tabel (table), berkas (data file), penyimpan data (data store), dan sebagainya.

ü  Entitas merupakan penggambaran sebuah objek nyata. Untuk lebih mudahnya bisa disebut juga sebagai jabatan / status dari suatu objek tersebut.Contoh : Mahasiswa, anak, petugas dsb. 

ü  Entitas Adalah segala sesuatu yang dapat digambarkan oleh data. Entitas juga dapat diartikan sebagai individu yang mewakili sesuatu yang nyata (eksistensinya) dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain (Fathansyah, 1999).

ü  Entitas adalah tempat penyimpan data, maka entitas yang digambarkan dalam ERD ini merupakan data store yang ada di DFD dan akan menjadi file data di computer. 

ü  Entitas adalah suatu objek dan memiliki nama. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa jika objek ini tidak ada di suatu enterprise (lingkungan tertentu), maka enterprise tersebut tidak dapat berjalan normal.

Untuk database perpustakaan, entitas yang diperlukan adalah sebagai berikut:

a.      Data buku

b.      Data mahasiswa

c.      Data peminjaman

d.      Data pengembalian

e.      Data petugas

 

2.      Atribut (Field)

Atribut adalah ciri-ciri kualitatif yang dimiliki oleh suatu obyek, yang mencerminkan sifat-sifat dari obyek tersebut. Field menyatakan data terkecil yang memiliki makna. Istilah lain untuk field yaitu elemen data, kolom item.

Contoh atribut untuk masing-masing entitas data perpustakaan adalah sebagai berikut:

 

3.      Kardinalitas/Derajat Relasi/Relationship

Database relationship adalah relasi atau hubungan antara beberapa tabel dalam database yang kita miliki. Relasi antar tabel dihubungkan oleh primary key dan foreign key.
Untuk membuat relationship maka masing‐masing tabel harus memiliki primary key dan foreign key untuk dapat menghubungkan antara tabel induk dengan tabel anak.

a.      Primary Key
Tabel memiliki primary key, yaitu suatu atribut yang tidak hanya mengidentifikasi secara unik suatu kejadian tetapi juga mewakili setiap kejadian dari suatu entitas.
Contoh kasus :
NIM dalam tabel Mahasiswa merupakan nilai unik yang tidak mungkin bersifat ganda. Karena setiap mahasiswa memiliki NIM  yang berbeda antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain.

b.      Foreign Key
Foreign key adalah atribut yang melengkapi relationship dan menunjukkan hubungan antara tabel induk dengan tabel anak. Foreign key ditempatkan pada tabel anak.

Macam-macam relasi, antara lain:

§  satu ke satu (one to one) yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B, dan begitu juga sebaliknya setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

§  satu ke banyak (one to many) yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

§  banyak ke satu (many to one) yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak satu entitas pada himpunan entitas B.

§  banyak ke banyak (many to many) yang berarti setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B dan demikian juga sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A.

Contoh relasi pada database perpustakaan:

 

4.      Query

Query  adalah  permintaan  yang  diberikan  oleh  user  untuk  mengambil  informasi  yang  tersimpan  dalam database. Fungsi dari Query adalah untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai criteria dan urutan yang kita kehendaki.
Contoh:
•    Menampilkan mahasiswa yang tinggal di kota Semarang
•    Menampilkan mahasiswa yang IPK‐nya > 3
•    Menampilkan mahasiswa yang memiliki nama tertentu

Sumber:

http://mafan.web.ugm.ac.id/database-perpustakaan/

http://genshikennidaime.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-entitas-atribut-kardinalitas.html

 

 

 

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*